29 April 2011

Sulitnya Menjaga Papua

SULITNYA MENJAGA PAPUA
By: Papos/Thamrin

SERUI [PAPOS] – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Maria Tanawani, S.SIT, M.Kes menegaskan bahwa pertumbuhan atau trend peningkatan penyakit menular yaitu penyakit AIDS di Yapen semakin tinggi. Seiring itulah, tenaga-tenaga medis kesehatan di unit pelayanan teknis kesehatan harus mampu dan mengurangi pertumbuhan penyakit tersebut, dengan mendeteksi secara dini penderita penyakit.
Pertumbuhan penyakit AIDS di kabupaten kepulauan Yapen, begitu pesat dan begitu tinggi. Oleh karena itu, ia mengharapkan agar tenaga medis di tempat tugasnya, harus mampu menemukan penderita secara dini. Dengan menemukan penderita secara dini, tentu tingkat penyebaran penyakit menular itu, akan semakin sempit. Kemudian tingkat penderitanya juga tidak akan bertambah-tambah lagi.
“Inilah kerinduan saya bersama jajaran tenaga medis, bagaimana kita meningkatkan kesehatan dan menekan penyebaran penyakit menular. Hal itu akan dikuatkan dengan bertambahnya tenaga medis, dengan harapan pelayanan mereka akan baik, dalam mendeteksi penderita. Seiring itulah tingkat penyebaran penyakit mematikan itu akan semakin teratasi,” ujarnya lagi.
Khusus penderita penyakit AIDS, apabila penderita ditemukan positif, lanjut Maria, pihaknya tetap akan memberikan pelayanan kesehatan secara baik. Sehingga penderita jangan pernah merasa atau berpikiran akan dibiarkan begitu saja, ketika tenaga medis kesehatan, menemukan penderita penyakit AIDS. “Apabila petugas kesehatan menemukan secara dini penderita penyakit AIDS, dinas kesehatan akan memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada penderita,” tambahnya.
Selain pertumbuhan penyakit AIDS yang cepat, Maria mengakui, bahwa pertumbuhan penyakit TBC, khususnya di kampung yang daerahnya sulit dijangkau, mereka kerap terjangkiti penyakit TBC. Tentu deteksi pertumbuhan penyaki menular secara dini bagi kampung yang sulit dijangkau. Lewat penambahan tenaga medis di kampung, akan mempercepat proses penanganan penyakit TBC di kampung.
Oleh karena itu, ia mengharapkan agar petugas kesehatan benar-benar melaksanakan tugas secara baik, yaitu tinggal di tempat tugas, kemudian melaksanakan program kesehatan di tengah-tengah masyarakat, mulai pelayanannya dan sosialisasi kesehatan. “Saya mengharapkan tenaga-tenaga baru yang kami miliki, akan betul-betul melaksanakan perannya sebagai tenaga medis di tempat tugasnya. Sehingga asa mendapatkan pelayanan oleh masyarakat, benar-benar berlangsung di tengah-tengah masyarakat sendiri,” harapnya. [rin]
Written by Thamrin/Papos
Thursday, 31 March 2011 06:24

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar