01 Agustus 2011

Kalau Saja Hati Orang Pusat Bersih...

Balthasar: Kalau Saja Hati Orang Pusat Bersih...
Kamis, 29 Juli 2010, 17:03:48 WIB
Laporan: Sugeng Triono


Jakarta, RMOL. Sampai sekarang, pemerintah pusat republik ini masih menaruh rasa curiga dan tidak percaya kepada rakyat di Papua.

"Jujur, sampai saat ini pemerintah kita di Jakarta masih mencurigai Papua, banyak tidak percayanya pada Papua," kata Rektor Universitas Cenderawasih, Balthasar Kambuaya, kepada Rakyat Merdeka Online, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Kamis (29/7).

Karena itulah, menurut sang profesor, begitu banyak kebijakan pemerintah pusat yang lebih kental dengan nuansa politik daripada nuansa keinginan memperbaiki kesejahetraan ekonomi bagi rakyat Papua.

"Jadi permasalahan ini, hanya masalah hati. Sulit untuk pembangunan kalau hati kita sudah berbeda," ujarnya.

Balthasar menegaskan, jika permasalahan kemiskinan di Papua tidak bisa terselesaikan akan selalu ada benturan-benturan di antara masyarakat Papua sendiri dan akhirnya korban yang paling dirugikan adalah rakyat Paua sendiri.

"Kalau hati orang pusat bisa bersih dan menerima kami yang hitam mungkin itu tidak jadi masalah, rakyat Papua bisa hidup layak. Kalau terus begini, masyarakat Papua tidak akan mengakui negara ini mereka punya," jelasnya.[ald]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar