04 Desember 2011

Pernyataan Dr Neles Tebay di Papua Barat ke Sub-komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia

01 December, 2011

Pernyataan Dr Neles Tebay di Papua Barat ke Sub-komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia

Oleh Dr Neles Tebay
Pernyataan untuk Sub-komite Parlemen Eropa tentang Hak Asasi Manusia
Published Europarl.europa.eu/committees"Audiensi Publik mengenai situasi HAM di Asia Tenggara dengan fokus khusus pada Papua Barat 'Koordinator Jaringan Perdamaian Papua (JDP) dan Rektor Sekolah Katolik Fajar Timur 'Filsafat dan Teologi, Jayapura
Pertama-tama, saya ingin meminta maaf karena tidak bisa bersama Anda dan di antara kamu dalam pertemuan penting. Aku telah mengambil keputusan untuk tidak datang ke Brussels, karena ketegangan di Papua Barat sekarang sedang berjalan tinggi. Orang Papua sedang mempersiapkan diri untuk merayakan 1 Desember. Pasukan keamanan lebih Indonesia sedang dikerahkan di Papua Barat. Banyak orang di sini khawatir dan gelisah. Oleh karena itu, saya telah memutuskan untuk tinggal di antara dan dengan Orang di sini di saat krisis.
Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk mengizinkan saya untuk berbagi pengamatan saya dan pendapat tentang hubungan antara Indonesia dan Papua Barat.
Hubungan antara pemerintah yang berbasis di Jakarta dan Papua telah dan masih ditandai oleh saling curiga dan ketidakpercayaan.
Papua Barat di bawah pemerintahan Indonesia telah menjadi tanah konflik kekerasan.
Konflik berasal dari interpretasi yang berbeda dari integrasi Papua Barat ke dalam Republik Indonesia.
Indonesia menganggap bahwa Papua Barat merupakan bagian integral dari wilayahnya. Papua Barat, maka, selalu shpould dipertahankan sebagai wilayah Indonesia.
Oleh karena itu resistensi Papua dianggap sebagai ancaman terhadap integritas teritorial Indonesia.
Pemberantasan gerakan separatis di Papua Barat telah alasan untuk membenarkan segala bentuk kekerasan negara terhadap Papua dan pelanggaran HAM yang dilakukan againat orang Papua Asli.
Aku thinki, lebih pelanggaran hak asasi manusia kemungkinan akan terus terjadi di masa depan karena ribuan tentara tambahan telah dikerahkan di Papua Barat dan akar penyebab konflik Papua belum ditangani belum.
Menwahile penduduk asli Papua banyak yang melihat tanah leluhur mereka di Papua Barat yang diduduki oleh militer Indonesia. Mereka merasa bahwa mereka telah dan masih sedang dijajah oleh Indonesia.
Oleh karena mereka telah meningkatkan perlawanan mereka terhadap kekuatan kolonial di tanah leluhur mereka. Perlawanan mereka telah diwujudkan melalui menas kekerasan dan non-kekerasan. Saya melihat bahwa Papua akan terus meningkatkan perlawanan mereka terhadap pemerintahan Indonesia dengan cara apapun.
Saya pikir, sekarang adalah waktunya bagi pemerintah pusat dan orang Papua Asli untuk berpikir tentang kebijakan untuk mengakhiri pelanggaran HAM.
Saya percaya bahwa lebih banyak hak asasi manusia yang mungkin terjadi di Papua Barat kecuali akar penyebab separatisme Papua diselesaikan.
Jadi sangat penting bagi kedua belah pihak untuk terlibat dalam dialog konstruktif untuk mengidentifikasi akar penyebab separatisme ini dan menetap mereka tanpa pertumpahan darah yang tidak perlu.
Kabar baiknya adalah bahwa pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan adat Papua telah menyatakan secara terbuka kesediaan mereka untuk terlibat dalam dialog untuk mencari solusi damai konflik Papua.
Presiden Yudhoyono berkomitmen untuk menyelesaikan konflik Papua melalui dialog. Dia secara terbuka mengumumkan government'commitment untuk terlibat dalam dialog dengan orang Papua untuk mencari solusi yang lebih baik dan pilihan untuk memantapkan keluhan di Papua Barat.
Jadi, Jika saya mungkin menyarankan, saya ingin meminta Uni Eropa, termasuk Parlemen Eropa dan Komisi Eropa, untuk mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk dialog terbuka dengan orang Papua untuk menyelesaikan konflik Papua secara damai. Uni Eropa dapat menawarkan bantuan yang diperlukan dalam rangka mendukung pemerintah Indonesia sehingga conflcit Papua dapat diselesaikan melalui dialog terbuka dengan orang Papua Indigensous.
Terima kasih banyak atas pengertian dan perhatian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar