24 Maret 2012

Penyerahan Dokument Dr.Zolner kepada Dr.Desmon Tutu (Uskup Agung Afsel)


Pada tanggal 15 Maret 2012 Dr. Siegfried Zollner sebagai wakil Jaringan Papua Barat di Jerman bertemu dengan Archbishop (Uskup Agung) Dr. Desmond Tutu dari Afrika Selatan. Pertemuan itu terjadi di kota Koln/Cologne/Jermnan pada waktu festival Gereja yang disebut Kirchentag.
Atas nama masyarakat Papua Dr. Zollner mengucapkan terima kasih atas deklarasi Dr. Desmond Tutu dalam tahun 2012, dimana Archbishop itu menuntut hak menentukan nasib sendiri untuk bangsa Papua. Dr. Zollner serahkan satu laporan tentang situasi di Papua khususnya Kabupaten Yahukimo. Dalam laporan itu diuraikan latar belakang kegagalan otonomi khusus, pelanggaran-pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terus-menerus terjadi di Papua, aktifitas BIN dengan intimidasi dan teror terhadap masyarakat Papua, penambahan TNI dan dominasinya di segala bidang di Papua, ketidakadilan terhadap orang Papua dari Indonesia dalam keputusan-keputusan Pengadilan, nasib tahanan-tahanan politik dan diskriminasi rasial terhadap orang asli Papua. Laporan itu disertai beberapa foto korban penyiksaan (torture) yang dilakukan oleh anggota-anggota TNI di Kurima/Kabupaten Yahukimo pada bulan Maret 2012.

Dalam berkas yang diserahkan kepada Archbishop Dr. Desmond Tutu juga terlampir sebuah surat kepada Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, yang ditulis oleh Bishop Zefanya Kameeta dari Gereja Lutheran di Namibia. Bishop Zefanya Kameeta adalah Moderator United Evangelical Mission. GKI di Tanah Papua adalah anggota United Evangelical Mission (Persekutuan
Gereja-Gereja di Asia Afrika dan Jerman).

Salam Hangat,
Dr. Siegfried Zollner, Di Jerman. (Sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar